Trend PR 2017

Trend yang akan Berkembang di Dunia PR 2017

Berbicara mengenai PR trend di tahun 2017, perlu disikapi bahwa Indonesia tidak dapat terlepas dari berbagai isu dunia yang perlu diantisipasi dampaknya sehingga memerlukan pendekatan PR untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat luas maupun publik terbatas : Mengapa hal itu terjadi, apa dampaknya, bagaimana sikap pemerintah/ lembaga, dan apa solusinya untuk publik secara luas. 

Dalam bidang Politik, isu seputar kompetisi antar negara besar, kolaborasi, trust, transparansi dan resolusi konflik bagi negara yang sedang bertikai. Kebijakan president Trump yang menyangkut kerjasama global dalam berbagai bidang. Belum lagi ancaman terorisme / bom yang semakin meluas di berbagai belahan dunia. 

Dalam bidang Ekonomi dan Bisnis – isu etika, peningkatan kualitas SDM, komunikasi internal perlu mendapat perhatian karena menurunnya tingkat kepercayaan publik. Hal ini menyebabkan perlunya meningkatkan kualitas engagement, persamaan hak dan kesejahteraan sosial. Dalam kaitan dengan Lingkungan : isu seputar perubahan iklim, pembangunan yang berkelanjutan perlu lebih mendapatkan perhatian, khususnya bagi industri yang menjadi sorotan publik secara nasional dan internasional. 

Beragam isu akan dihadapi Indonesia tahun 2017 ini – penyelenggaran dan dampak dari Pilkada serentak. Penegakan hukum – ancaman terhadap disintegrasi bangsa – transparansi lembaga pemerintahan – ancaman terorisme. dalam kaitannya  dengan IT – isu keamanan data, kebenaran berita berkaitan dengan masalah sosial : isu kesejahteraan, pemerataan pembangunan dan solidaritas nasional dalam menyikapi berbagai kebijakan pemerintah. Dalam menyikapi isu ini – perlu lebih dipertegas faktor kepemimpinan yang berkualitas, visi kelembagaan dan kemampuan untuk BERUBAH dan Adaptasi. Untuk itu diperlukan komunikator yang berpengalaman, memiliki stamina yang tinggi dan ber etika, dimana cakupan peran dan tugasnya secara spesifik berada dan ditentukan oleh senior management dalam instansinya masing-masing. 


Strategi PR dalam Menghadapi Berita Hoax

Pada dasarnya berita hoax berarti tidak benar, palsu, bohong. Bisa saja, sengaja dibuat, berdasarkan pesanan untuk membentuk dan atau menyesatkan opini publik. Berita hoax dapat dibuat oleh siapa saja yang mempunyai niat dan kapasitas untuk membuat berita, bisa berbayar atau karena sekedar iseng. Akhir akhir ini marak berita hoax yang berisi fitnah, ujaran kebencian, pembunuhan karakter, adu domba antar kelompok yang berpotensi  memecah belah persatuan dan meresahkan masyarakat luas. 

Perlu dibedakan antara Berita (news) dan Informasi. Seorang penumpang pesawat melaporkan ‘Saya melihat ada bungkusan yang mencurigakan’. Dampaknya dapat menjadi sangat luas, kepanikan di dalam pesawat, penumpang diinstruksikan untuk turun, pesawat diselidiki, penerbangan ditunda. Setelah diselidiki, ternyata bungkusan tersebut berisi pakaian bekas seorang penumpang yang tidak sempat merapihkannya. 

Intinya (1) Jangan panik. Gunakan akal sehat, apakah berita ini masuk akal. (2) Check darimana sumbernya. Check and Re-Check. Cari referensi sebanyak mungkin – tanyakan kepada orang terdekat yang dapat dipercaya. (3) Kalau berita itu menyangkut kredibilitas lembaga, organisasi Anda, segera check kebenarannya. Diskusikan dengan pihak yang berwewenang. (4) Lakukan tindakan. Berita hoax itu dibiarkan dengan harapan akan hilang dengan sendirinya, atau disanggah – artinya diimbangi dengan berita yang sebenarnya. Tell the Truth, Nothing but the Truth. Yang perlu dilakukan adalah memperkecil dampak dari tersebarnya berita hoax tersebut. 

(Posted in: Majalah PR Indonesia, January 2017)

Leave a Comment

Tulisan ini dipublikasikan di

Tulisan lainnya

Reputasi

Praktisi PR memiliki tanggung jawab untuk membangun reputasi positif perusahaan/organisasinya.

Scroll to Top
X