Indonesia PR Research Forum
Inspire, Connect, Collaborate
Public Relations Research
for Change, Technology and Impact
13.30 Welcoming and Networking
14.00 Opening Session
- Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
14.10 Putaran 1
Pengaruh Trust dalam Komunikasi Pemerintah pada Kebijakan Publik Pembatalan Haji di Masa Pandemi
Hadi Rahman – UIN Syarif Hidayatullah
Crisis Management in Dealing with the Crash of Sriwijaya Air SJ 182
Ratih Sarah Dilah, Irmulansati Tomohardjo – Universitas Mercu Buana
15.00 Break
15.10 Putaran 2
Leadership Transformation Influence Over Employees’ Communication Behavior through Communal Norm Relationship
Astari Dyah Sutjiningtyas – MM Komunikasi Universitas Trisakti
Hubungan Organisasi dengan Publik, Faktor Situasional, dan Partisipasi Corporate Social Responsibility di Indonesia
Eny Ratnasari, Alex Johanes Simamora – Universitas Tidar
16.00 Break
16.10 IPRRF Best Practice Workshop
- Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
16.40 Closing Speech
- Don W. Stacks, Ph.D – Co-Founder, International PR Research Conference
Setiap putaran presentasi
- Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
- Peserta bebas memilih ruangan/topik
- Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
- Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
- Dilakukan selama 2x
Call for Papers 2022
7 November 2022
BEST PAPER mendapatkan tiket IPRS 2-Day Pass3 RUNNER UPS mendapatkan tiket masuk IPRS Virtual Pass
- Business and Economy
- Healthcare and wellbeing
- Trust and Leadership
- Sustainable Business Communication
Kategori Riset
A. Proposal riset (Research Proposal)
B. Riset yang sedang berjalan (Research in Progress)
C. Hasil riset Completed Research (2018-2022)
Riset awal dalam bentuk abstrak akan dievaluasi oleh team. Abstrak yang lulus seleksi awal akan diundang untuk dipresentasikan pada tanggal 22 November 2022, secara virtual dalam forum IPRRF.
Pedoman penulisan abstrak
- Abstrak diketik menggunakan font Arial, 12pt, spasi 1.5
- Judul abstrak maksimum 12 kata
- Deskripsi asbtrak maksimal 200 kata 1
- Abstrak dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
- Memiliki 4 kata kunci / keywords
- Isi abstrak:
- Untuk Proposal Riset atau Riset yang sedang berjalan: Permasalahan – Tujuan riset – Studi Literatur – Rancangan Riset – Metodologi
- Untuk Riset yang sudah selesai: Permasalahan – Tujuan riset – Studi Literatur – Rancangan riset – Metodologi- Temuan Riset
Pemasukkan Abstrak
- Setelah mengirimkan abstrak serta biaya registrasi sebesar Rp200.000, Anda akan mendapatkan notifikasi dari IPRRF
- Apabila abstrak lulus seleksi awal, Anda akan diminta untuk memasukkan extended abstract dengan batas waktu 15 November 2022
- Abstrak yang lulus akan dipresentasikan pada tanggal 22 November 2022 dalam waktu 15 menit (7 menit presentasi dan 8 menit untuk Tanya jawab) secara virtual.
- Abstrak dikirimkan ke alamat :email : iprrf@egabriefings.id.
- Abstrak dikirimkan lengkap dengan nama peneliti, afiliasi dan kategori
- Halaman muka dan tanpa nama (blind copy) untuk dievaluasi oleh team evaluator.
Format riset yang berbeda
- Forum riset ini merupakan forum presentasi dalam kelompok kecil (roundtable presentation – break out room)
- Setiap topik akan dipresentasikan selama 15 menit saja. Presentasi selama 7 menit dan 8 menit diberikan untuk Tanya Jawab, Diskusi.
- Dengan format ini, setiap presenter akan mempresentasikan ringkasan topiknya selama 4 kali dalam waktu 1 jam.
- Petunjuk tehnis presentasi akan diberikan bersama notifikasi dari team seleksi.
Jadual dan Batas Waktu
- 7 November 2022 : batas waktu pemasukkan abstrak
- 10 November 2022 – pengiriman notifikasi melalui email
- 15 November 2022 – batas waktu pemasukkan extended abstract
- 22 November 2022 – presentasi topik – virtual
- 20 Desember 2022 – Penyusunan proceeding riset IPRRF
Public Relations Research for Change, Technology and Impact
IPRRF Team
Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
- Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
- Peserta bebas memilih ruangan/topik
- Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
- Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
- Dilakukan selama 2x
- Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
- Peserta bebas memilih ruangan/topik
- Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
- Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
- Dilakukan selama 2x
- Waktu presentasi 7 menit, waktu diskusi 7 menit
Closing Speech
Don W. Stacks, Ph.D – Co-Founder, International PR Research Conference
Supported by
Friends of IPRRF
- Bapak Is Nugroho
- Bapak Ridwan Nyak Baik
- Ibu Halida Hatta
- Bapak Alfred Menayang
- Bapak Hadi Rahman
- Bapak Irfan Yunus Muluk
- Ibu Maria Jacobus
Press Releases
Jakarta, 11 November 2021
SIARAN PERSSoft Launching : INDONESIA PUBLIC RELATIONS RESEARCH FORUM
Keberadaan peran dan fungsi komunikasi/public relations, PR – dalam organisasi, kelembagaan sudah tidak diragukan lagi. Di tengah situasi dunia yang tidak menentu akibat pandemi global yang juga melanda Indonesia sejak Maret 2020 – komunikasi /PR perlu terus menggaungkan suasana, pesan pesan publik yang memberikan rasa ketenangan, semangat dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik pasca pandemi.
Dinamika perkembangan peran dan fungsi profesi komunikasi/PR sangat terasa dalam 5 tahun terakhir. Anggaran untuk kegiatan komuniasi meningkat. Segala cara diupayakan untuk mendapat kepercayaan publik. Di lain pihak, sebagian besar pimpinan organisasi / industri masih menganggap peran ini sebagai peran tehnis, belum diberdayakan sebagaimana seharusnya dalam satu organisasi.
Mengapa demikian? Salah satu kekurangan profesi ini adalah kurangnya melakukan evaluasi – pengukuran yang merupakan indikator perubahan sikap dan prilaku yang diharapkan oleh lembaga. Sementara publik menuntut adanya keterterbukaan, transparensi terhadap tata kelola kelembagaan.
Indonesia Public Relations Research Forum (IPRRF), merupakan satu upaya untuk meningkatkan kredibilitas profesi melalui riset dan evaluasi. IPRRF di endorse oleh International Public Relations Research Conference (IPRRC) dan menjadi bagian dari Asia Pacific Communication Monitor (APCM) – lembaga riset regional di kawasan Asia Pasifik.
Dalam Soft Launching IPRRF yang dilaksanakan pada hari Kamis, 11 November 2021 mulai pk 9.30 :
- Dibuka oleh Troy Pantouw mewakili team IPRRF
- Dengan sambutan endorsers: Don Stacks, Ph.D – CEO, International PR Research Conference (live dari Miami, USA) dan Prof. Dr. Jim Macnamara – Chairman, Asia-Pacific Communication Monitor (live dari Sydney, Australia).
- Keynote Speech Dr. Junanto Herdiawan, MA, Direktur Komunikasi, Bank Indonesia
- Arif Mujahidin, Director of Corporate Communication, Danone Indonesia akan menyampaikan best practice research.
- Diskusi terbuka akan menghadirkan Agung Laksamana (Ketua Umum Perhumas), Jojo S. Nugroho (Ketua APPRI) dan Asmono Wikan (CEO, PR Indonesia). Dengan moderator Elizabeth Goenawan Ananto, PhD, FIPRA (Pemrakarsa Utama IPRRF).
Sponsorship | Jadilah bagian dari sebuah solusi
Dukung kami dan menjadi bagian dari sebuah solusi
Sejak tahun 2005, EGA briefings mengawali kampanye edukasi public relations dengan PR Week Indonesia. Kami sadar begitu banyak individu yang ingin mendukung kami secara pribadi. Kali ini, kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendukung kami secara pribadi. Dengan menyumbang sedikitnya Rp1.500.000, nama Bapak/Ibu akan tertulis sebagai FRIENDS OF IPRRF.
Klik button “Dukung sebagai FRIENDS of IPRRF”, Bapak/Ibu akan langsung diarahkan ke halaman check-out. Silahkan diisi dan diselesaikan.01.
Inspire
Memberikan inspirasi kepada pelaku public relations untuk meningkatkan kualitas kinerja untuk berpikir, bertindak secara lebih profesional berdasarkan data dan fakta.
02.
Connect
Jembatan perkembangan teori dan praktek komunikasi /public relations sebagai fungsi manajemen yang perlu diintegrasikan ke dalam fungsi manajemen yang lain.
03.
Collaborate
Masalah yang dihadapi
Komunikasi sebagai kegiatan kelembagaan tidak diragukan lagi keberadaannya.
Namun jika organisasi ingin berada di depan, riset mengatakan sangatlah penting untuk memposisikan komunikasi / public relations sebagai fungsi manajemen yang strategis, sejajar dengan fungsi manajemen lainnya.
Namun sering kali top management menganggap bahwa peran dan fungsi komunikasi kurang penting sehingga terjadi prioritas pengurangan anggaran.
Solusi yang perlu dicari
Di tengah kebutuhan, keterbatasan, dan persepsi yang ada:
- Bagaimana praktisi komunikasi dapat membuktikan manfaat peran ini melalui pertanggungjawaban efektivitas kegiatan komunikasi dan anggaran yang diberikan?
- Bagaimana meyakinkan top management bahwa komunikasi itu penting?
- Bagaimana membuktikan kontribusi komunikasi kepada lembaga?
- Bagaimana mempertanggungjawabkan dana yang dikeluarkan?
Evaluasi, pengukuran dan perubahan sikap publik diperlukan oleh para pelaku komunikasi / public relations untuk bisa dianggap sebagai social investment dan bukan cost centre.
Knowledge Sharing
Seminar, talkshow, diskusi terbuka, workshop dengan fokus pembahasan seputar riset – pengembangan teori dan methodology.
Research Forum
Komunitas untuk belajar dan mengajar bagi mahasiswa, praktisi dan akademisi dalam mengajukan proposal riset yang bermanfaat sebagai pengembangan ilmu dan praktek secara operasionalnya.
Publication
Melalui website, penyebarluasan informasi – referensi, studi kasus, best practice dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri – yang akan memperluas wawasan insan komunikasi / public relations untuk berkarya dengan lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik.
IPRRF 2021 - Kamis, 11 November 2021
Indonesia PR Research Forum 2021 disponsori oleh Danone Indonesia dan didukung oleh Friends of IPRRF
Sambutan Endorser
Don Stacks, Ph.D – CEO, International PR Research Conference
Prof. Jim Macnamara, Ph.D – Chairman, Asia Pacific Communication Monitor
Dr. Junanto Herdiawan, MA – Direktur Komunikasi Bank Indonesia
Arif Mujahidin – Corporate Communication Director, Danone Indonesia
Agung Laksamana, M.Sc, MCIPR – Ketua Umum, PERHUMAS Indonesia
Jojo S. Nugroho – Ketua Umum, Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI)
Asmono Wikan – Founder & CEO, PR INDONESIA Group
Closing