Indonesia PR Research Forum - Logo

Indonesia PR Research Forum

Inspire, Connect, Collaborate

Sebuah forum yang diharapkan dapat mengangkat peran dan posisi public relations sebagai fungsi strategic management melalui: Knowledge Sharing, Research Forum dan Publication. Ikuti diskusi-diskusi riset seputar Research Proposal, Research in Progress dan Completed Research.

Public Relations Research
for Change, Technology and Impact

Virtual, 22 November 2022
13.30 Welcoming and Networking
14.00 Opening Session
    Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
14.10 Putaran 1

    Pengaruh Trust dalam Komunikasi Pemerintah pada Kebijakan Publik Pembatalan Haji di Masa Pandemi
    Hadi Rahman – UIN Syarif Hidayatullah

    Crisis Management in Dealing with the Crash of Sriwijaya Air SJ 182
    Ratih Sarah Dilah, Irmulansati Tomohardjo – Universitas Mercu Buana

15.00 Break
15.10 Putaran 2

    Leadership Transformation Influence Over Employees’ Communication Behavior through Communal Norm Relationship
    Astari Dyah Sutjiningtyas – MM Komunikasi Universitas Trisakti

    Hubungan Organisasi dengan Publik, Faktor Situasional, dan Partisipasi Corporate Social Responsibility di Indonesia
    Eny Ratnasari, Alex Johanes Simamora – Universitas Tidar

16.00 Break
16.10 IPRRF Best Practice Workshop
    Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
16.40 Closing Speech
    Don W. Stacks, Ph.D – Co-Founder, International PR Research Conference
Setiap putaran presentasi
  • Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
  • Peserta bebas memilih ruangan/topik
  • Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
  • Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
  • Dilakukan selama 2x

Call for Papers 2022

Batas waktu memasukan abstrak –

7 November 2022

BEST PAPER mendapatkan tiket IPRS 2-Day Pass
3 RUNNER UPS mendapatkan tiket masuk IPRS Virtual Pass
IPRRF mengundang Bapak/Ibu untuk mempresentasikan riset sosial yang berkaitan dengan topik Change, Technology, Impact dalam bidang:
  • Business and Economy
  • Healthcare and wellbeing
  • Trust and Leadership
  • Sustainable Business Communication

Kategori Riset

A. Proposal riset (Research Proposal)
B. Riset yang sedang berjalan (Research in Progress)
C. Hasil riset Completed Research (2018-2022)

Riset awal dalam bentuk abstrak akan dievaluasi oleh team. Abstrak yang lulus seleksi awal akan diundang untuk dipresentasikan pada tanggal 22 November 2022, secara virtual dalam forum IPRRF.

Pedoman penulisan abstrak

  • Abstrak diketik menggunakan font Arial, 12pt, spasi 1.5
  • Judul abstrak maksimum 12 kata
  • Deskripsi asbtrak maksimal 200 kata 1
  • Abstrak dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris
  • Memiliki 4 kata kunci / keywords
  • Isi abstrak:
    1. Untuk Proposal Riset atau Riset yang sedang berjalan: Permasalahan – Tujuan riset – Studi Literatur – Rancangan Riset – Metodologi
    2. Untuk Riset yang sudah selesai: Permasalahan – Tujuan riset – Studi Literatur – Rancangan riset – Metodologi- Temuan Riset

Pemasukkan Abstrak

  • Setelah mengirimkan abstrak serta biaya registrasi sebesar Rp200.000, Anda akan mendapatkan notifikasi dari IPRRF
  • Apabila abstrak lulus seleksi awal, Anda akan diminta untuk memasukkan extended abstract dengan batas waktu 15 November 2022
  • Abstrak yang lulus akan dipresentasikan pada tanggal 22 November 2022 dalam waktu 15 menit (7 menit presentasi dan 8 menit untuk Tanya jawab) secara virtual.
  • Abstrak dikirimkan ke alamat :email : iprrf@egabriefings.id.
  • Abstrak dikirimkan lengkap dengan nama peneliti, afiliasi dan kategori
  • Halaman muka dan tanpa nama (blind copy) untuk dievaluasi oleh team evaluator.

Format riset yang berbeda

  • Forum riset ini merupakan forum presentasi dalam kelompok kecil (roundtable presentation – break out room)
  • Setiap topik akan dipresentasikan selama 15 menit saja. Presentasi selama 7 menit dan 8 menit diberikan untuk Tanya Jawab, Diskusi.
  • Dengan format ini, setiap presenter akan mempresentasikan ringkasan topiknya selama 4 kali dalam waktu 1 jam.
  • Petunjuk tehnis presentasi akan diberikan bersama notifikasi dari team seleksi.

Jadual dan Batas Waktu

  • 7 November 2022 : batas waktu pemasukkan abstrak
  • 10 November 2022 – pengiriman notifikasi melalui email
  • 15 November 2022 – batas waktu pemasukkan extended abstract
  • 22 November 2022 – presentasi topik – virtual
  • 20 Desember 2022 – Penyusunan proceeding riset IPRRF

Public Relations Research for Change, Technology and Impact

Virtual, 22 November 2022
13.30 – 14.00
Welcoming Speech
IPRRF Team
14.00 – 14.10
Opening Session
Elizabeth Goenawan Ananto, Ph.D, FIPRA – Founding Director, EGA briefings
14.10 – 15.00
Putaran 1 – Presentasi Riset Terpilih
  • Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
  • Peserta bebas memilih ruangan/topik
  • Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
  • Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
  • Dilakukan selama 2x
15.00 – 15.10
Break
15.10 – 16.00
Putaran 2 – Presentasi Riset Terpilih
  • Ruangan dibagi menjadi 2 breakout room
  • Peserta bebas memilih ruangan/topik
  • Waktu presentasi 10 menit, waktu diskusi 15 menit
  • Setelah selesai, silahkan pindah ruangan/topik
  • Dilakukan selama 2x
16.00 – 16.10
Break
16.10 – 16.40
Workshop
  • Waktu presentasi 7 menit, waktu diskusi 7 menit
16.40 – 16.50

Closing Speech
Don W. Stacks, Ph.D – Co-Founder, International PR Research Conference

Supported by

Friends of IPRRF

Terima kasih atas dukungan:
  • Bapak Is Nugroho
  • Bapak Ridwan Nyak Baik
  • Ibu Halida Hatta
  • Bapak Alfred Menayang
  • Bapak Hadi Rahman
  • Bapak Irfan Yunus Muluk
  • Ibu Maria Jacobus

Press Releases

Sponsorship | Jadilah bagian dari sebuah solusi

Kampanye edukasi public relations yang dilaksanakan EGA briefings sejak tahun 2005 tidak akan bisa berjalan hingga sekarang tanpa dukungan Bapak/Ibu dan organisasi dimana Bapak/Ibu berada. Karenanya, kami kembali mengajak Bapak/Ibu untuk terus menjadi bagian dari kampanye edukasi public relations ini dan solusi atas permasalahan yang ada. Silahkan isi form berikut untuk permintaan proposal sponsorship.
[wpforms id="8841" title="false"]

Dukung kami dan menjadi bagian dari sebuah solusi

Sejak tahun 2005, EGA briefings mengawali kampanye edukasi public relations dengan PR Week Indonesia. Kami sadar begitu banyak individu yang ingin mendukung kami secara pribadi. Kali ini, kami membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendukung kami secara pribadi. Dengan menyumbang sedikitnya Rp1.500.000, nama Bapak/Ibu akan tertulis sebagai FRIENDS OF IPRRF.

Klik button “Dukung sebagai FRIENDS of IPRRF”, Bapak/Ibu akan langsung diarahkan ke halaman check-out. Silahkan diisi dan diselesaikan.
Indonesia PR Research Forum - Logo

01.

Inspire

Memberikan inspirasi kepada pelaku public relations untuk meningkatkan kualitas kinerja untuk berpikir, bertindak secara lebih profesional berdasarkan data dan fakta. 

02.

Connect

Jembatan perkembangan teori dan praktek komunikasi /public relations sebagai fungsi manajemen yang perlu diintegrasikan ke dalam fungsi manajemen yang lain.

03.

Collaborate

Ajang pertemuan dan kerjasama antara ilmuwan, profesional dan industri dalam meningkatkan kualitas kinerja, efektivitas peran dan fungsi public relations sebagai fungsi manajemen.

Masalah yang dihadapi

Komunikasi sebagai kegiatan kelembagaan tidak diragukan lagi keberadaannya.

Namun jika organisasi ingin berada di depan, riset mengatakan sangatlah penting untuk memposisikan komunikasi / public relations sebagai fungsi manajemen yang strategis, sejajar dengan fungsi manajemen lainnya.

Namun sering kali top management menganggap bahwa peran dan fungsi komunikasi kurang penting sehingga terjadi prioritas pengurangan anggaran.

Solusi yang perlu dicari

Di tengah kebutuhan, keterbatasan, dan persepsi yang ada:

  • Bagaimana praktisi komunikasi dapat membuktikan manfaat peran ini melalui pertanggungjawaban efektivitas kegiatan komunikasi dan anggaran yang diberikan?
  • Bagaimana meyakinkan top management bahwa komunikasi itu penting? 
  • Bagaimana membuktikan kontribusi komunikasi kepada lembaga?
  • Bagaimana mempertanggungjawabkan dana yang dikeluarkan?

Evaluasi, pengukuran dan perubahan sikap publik diperlukan oleh para pelaku komunikasi / public relations untuk bisa dianggap sebagai social investment dan bukan cost centre.

Indonesia PR Research Forum - Logo

Knowledge Sharing

Seminar, talkshow, diskusi terbuka, workshop dengan fokus pembahasan seputar riset – pengembangan teori dan methodology.

Research Forum

Komunitas untuk belajar dan mengajar bagi mahasiswa, praktisi dan akademisi dalam mengajukan proposal riset yang bermanfaat sebagai pengembangan ilmu dan praktek secara operasionalnya.

Publication

Melalui website, penyebarluasan informasi – referensi, studi kasus, best practice dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri – yang akan memperluas wawasan insan komunikasi / public relations untuk berkarya dengan lebih baik untuk kehidupan yang lebih baik.

IPRRF 2021 - Kamis, 11 November 2021

Indonesia PR Research Forum 2021 disponsori oleh Danone Indonesia dan didukung oleh Friends of IPRRF

09.30 – 10.00
Opening oleh IPRRF Team
Sambutan Endorser

Don Stacks, Ph.D – CEO, International PR Research Conference
Prof. Jim Macnamara, Ph.D – Chairman, Asia Pacific Communication Monitor
10.00 – 10.15
Keynote Speaker
Dr. Junanto Herdiawan, MA – Direktur Komunikasi Bank Indonesia
10.15 – 10.30
Best Practice
Arif Mujahidin – Corporate Communication Director, Danone Indonesia
10.30 – 11.10
Diskusi Terbuka dengan moderator dari IPRRF
Agung Laksamana, M.Sc, MCIPR – Ketua Umum, PERHUMAS Indonesia
Jojo S. Nugroho – Ketua Umum, Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI)
Asmono Wikan – Founder & CEO, PR INDONESIA Group
11.10 – 11.15

Closing

Scroll to Top