#15 Tell the Truth or Losing Your Reputation

September 2022
Share with others

#15 Tell the Truth or Losing Your Reputation

Lihat rekaman dan diskusi

Tell the Truth, the whole truth, Nothing but the Truth.
Apakah kredo public relations ini dapat dipraktekan secara nyata, karena yang sering terjadi adalah Tell the Truth, but not the whole truth

Bagaimana dengan Reputasi? Reputation is like a shadow of a tree. The real is the tree itself. Reputasi dibangun dari Trust – kepercayaan, yang berdasarkan fakta. Without Trust, belief in the system will fail.

Trust terdiri dari 5 dimensi : integrity, competence, consistency, loyalty dan openness (Stephen Robins).

  • Trust in in Crisis – terjadi penurunan kepercayaan publik dalam berbagai sektor. 
  • Edelman Trust Barometer, sebagai acuan selama 20 tahun terakhir yang meneliti tentang Trust – terhadap bisnis, pemerintah, media, dan NGO.  

DPR EGA ke 15 ini – mari kita diskusikan – bagaimana kredo PR ditemukan dalam praktek. Bagaimana media melihat perkembangan praktek PR dan  bagaimana PR harus bersikap jika terjadi hal hal yang kontroversial. Mana yang perlu lebih diselamatkan jika terjadi krisis kepercayaan publik.

Diskusi kali ini akan membahas seputar:

  • Bagaimana media melihat perkembangan profesi public relations di era digital, apakah sudah sesuai dengan track nya, ada perubahan?  
  • Bagaimana sikap media dalam menghadapi dinamika opini publik dan kebenaran suatu fakta 
  • Sejauhmana keberpihakan media, apa kendala dan bagaimana solusinya? 
  • Bagaimana perkembangan profesi PR – adakah perubahan yang mendasar, khususnya di lembaga pemerintahan dan swasta 
  • Apa strategi komunikasi yang tepat untuk mempertahankan Reputasi jika terjadi konflik kepentingan yang tidak dapat dihindari 
  • Apakah benar jika PR dituntut untuk menjaga reputasi lembaga, bagaimana caranya? 

Diskusi lainnya

#16 Nation Branding: Quo Vadis Indonesia?

Lihat rekaman dan diskusi Nation Branding is the strategic imperative for sustainable market competitiveness.   Nation branding is crucial in order to attract investment, boost exports,

#14 ESG: A Fake News Campaign?

Lihat rekaman dan diskusi Fake news is an assault on the very principle of truth itself. An attempt to reverse the enlightenment. Fake news is

#12 Excellence Theory

Lihat rekaman dan diskusi Sepanjang sejarah perkembangan public relations sebagai teori dan praktek, dikenal Excellence theory yang merupakan Grand theory public relations yang sebagai referensi

#11 Image vs Reputation

Lihat rekaman dan diskusi No bird soars too high,  if he soars with his own wings William Blake Reputasi berbeda dengan citra yang dibentuk secara

Scroll to Top