Tell the Truth, the whole truth, Nothing but the Truth.
Apakah kredo public relations ini dapat dipraktekan secara nyata, karena yang sering terjadi adalah Tell the Truth, but not the whole truth.
Bagaimana dengan Reputasi? Reputation is like a shadow of a tree. The real is the tree itself. Reputasi dibangun dari Trust – kepercayaan, yang berdasarkan fakta. Without Trust, belief in the system will fail.
Trust terdiri dari 5 dimensi : integrity, competence, consistency, loyalty dan openness (Stephen Robins).
- Trust in in Crisis – terjadi penurunan kepercayaan publik dalam berbagai sektor.
- Edelman Trust Barometer, sebagai acuan selama 20 tahun terakhir yang meneliti tentang Trust – terhadap bisnis, pemerintah, media, dan NGO.
DPR EGA ke 15 ini – mari kita diskusikan – bagaimana kredo PR ditemukan dalam praktek. Bagaimana media melihat perkembangan praktek PR dan bagaimana PR harus bersikap jika terjadi hal hal yang kontroversial. Mana yang perlu lebih diselamatkan jika terjadi krisis kepercayaan publik.
Diskusi kali ini akan membahas seputar:
- Bagaimana media melihat perkembangan profesi public relations di era digital, apakah sudah sesuai dengan track nya, ada perubahan?
- Bagaimana sikap media dalam menghadapi dinamika opini publik dan kebenaran suatu fakta
- Sejauhmana keberpihakan media, apa kendala dan bagaimana solusinya?
- Bagaimana perkembangan profesi PR – adakah perubahan yang mendasar, khususnya di lembaga pemerintahan dan swasta
- Apa strategi komunikasi yang tepat untuk mempertahankan Reputasi jika terjadi konflik kepentingan yang tidak dapat dihindari
- Apakah benar jika PR dituntut untuk menjaga reputasi lembaga, bagaimana caranya?