Public Relations as a Corporate Strategy

Citadines Sudirman Jakarta | 2025

Kursus ini membahas dinamika perkembangan peran dan fungsi PR sebagai fungsi manajemen yang terintegrasi, lebih jauh dari fungsi promosi dan publikasi.

Workshop Overview

Kursus ini membahas dinamika perkembangan peran dan fungsi Public Relations (PR) sebagai fungsi manajemen yang terintegrasi, lebih jauh dari fungsi promosi dan publikasi.
Perubahan fungsi teknis ke managerial, ciri-ciri PR yang reaktif dan proaktif serta jangkauan kontribusinya akan memberikan pandangan dan peluang yang lebih luas untuk memanfaatkan Public Relations (PR) sebagai suatu strategi korporasi.

Module ini mengupas dinamika perubahan tuntutan peran dan fungsi public relations dari fungsi teknis sebagai kegiatan komunikasi saja, kearah manajerial sebagai fungsi management yang strategis. Sebagai fungsi management, public relations perlu dirumuskan di tingkat manajemen puncak, sebagai suatu kebijakan komunikasi organisasi secara keseluruhan.

Modul akan membahas perbedaan persepsi management mengenai peran dan fungsi dari teknisi ke managerial serta konsekuensinya yaitu kontribusi dari peran yang dimanfaatkan dalam organisasi. Pendekatan strategi kebijakan untuk lembaga yang berbeda akan dibahas sehingga dapat memberikan gambaran, mengenai keunikan peran dan fungsi public relations di berbagai lembaga yang berbeda – pemerintah, swasta, multinational dan NGO.

Perbedaan pemanfaatan peran dan fungsi akan berdampak pada besar kecilnya manfaat fungsi manajemen ini serta tuntutan akan kualitas sumber daya manusia yang diperlukan untuk menghasilkan peningkatan kinerja yang diharapkan. Modul ini diarahkan untuk merubah persepsi management, mengenai peran public relations dari kegiatan teknis, ke arah strategis sebagai unsur kebijakan korporasi.

Benefit Attending

Kemampuan Komunikasi

  • Meningkatkan pengetahuan untuk menggabungkan strategi komunikasi dengan visi, misi dan tujuan organisasi
  • Peningkatan pengetahuan dan perluasan wawasan mengenai peran dan fungsi public relations dalam organisasi yang berbeda

Kemampuan Organisasi

  • Pengembangan kemampuan untuk meningkatkan pola pikir dari teknis ke manajerial sebagai bagian yang terintegrasi dalam manajemen
  • Peningkatan kemampuan secara konseptual untuk merancang kegiatan komunikasi yang lebih terarah dan terencana sebagai sistem pengamanan risiko dan reputasi perusahaan

Peningkatan Kemampuan Profesional

  • Memberikan meningkatkan kemampuan profesional untuk berkarya sebagai manajer senior yang mengutamakan etika dan profesionalisme sesuai yang diharapkan organisasi dan masyarakat luas
  • Memberikan kemampuan untuk dapat berkembang secara lebih strategis yang terarah, terukur dan berdampak melalui pengukuran dan evaluasi.

Topics & Schedule

Day 1 | 08.30 – 16.00

  • Corporate DNA: Vision, Mission, Goals, Objectives
  • PR Function in Different Organizations – Government, MNCs, Private and NGO
  • Risk Mitigation: PR as an Early Warning System
  • PR as an Agent of Change

Day 2 | 08.30 – 16.00

  • Collaborative Leadership – Concept and Application
  • How to Transform Costs to Value Creation
  • A Road Map to Excellence
  • Communication Matrix – Measurement and Evaluation

Recommended for

  • Corporate Secretary in middle and growing industry
  • Human Capital, Internal Affairs, Communication, Public Relations
  • Managerial level – at least 5 years working experience

REVIEWS

INSTRUCTORS

DOWNLOADS

Brochure

Registration Form

Scroll to Top